Cara Mengatasi Buffering youtube paling Ampuh

Cara Mengatasi Buffering youtube paling Ampuh – Youtube adalah salah satu platform video streaming terpopuler di dunia. Dengan Youtube, kita bisa menonton berbagai macam video, mulai dari hiburan, edukasi, berita, hingga tutorial. Namun, terkadang kita mengalami masalah saat menonton video di Youtube, yaitu buffering.

Buffering adalah kondisi di mana video yang kita tonton berhenti sejenak untuk memuat data. Hal ini bisa membuat pengalaman menonton menjadi tidak nyaman dan menyebalkan. Apalagi jika buffering terjadi terus-menerus dan membuat video tidak bisa diputar dengan lancar.

Lalu, apa penyebab buffering di Youtube? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan buffering youtube dan cara mengatasinya:

Cara Mengatasi Buffering youtube paling Ampuh

1. Kecepatan Internet

Kecepatan internet adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi buffering Youtube. Jika koneksi internet kita lambat atau tidak stabil, maka video yang kita tonton akan sulit untuk dimuat dengan cepat. Hal ini bisa membuat video berhenti atau tersendat-sendat saat diputar.

Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengecek kecepatan internet kita. Pastikan koneksi internet kita stabil dan memiliki kecepatan yang cukup. Paling tidak kita harus menggunakan koneksi internet di atas 2 mbps agar bisa lancar menikmati video Youtube.

Selain itu, kita juga bisa mengurangi penggunaan bandwidth lainnya saat menonton Youtube. Misalnya, kita bisa menutup aplikasi atau tab lain yang sedang menggunakan internet, seperti download, streaming, atau browsing. Kita juga bisa mematikan perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama, seperti smartphone, tablet, atau laptop.

2. Kualitas Video

Kualitas video adalah faktor lain yang mempengaruhi buffering Youtube. Semakin tinggi kualitas video yang kita tonton, semakin banyak data yang dibutuhkan untuk memuatnya. Hal ini bisa membuat video lebih lama untuk dimuat dan lebih rentan terhadap buffering.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menurunkan kualitas video yang kita tonton sesuai dengan kecepatan internet kita. Caranya adalah dengan mengklik ikon roda gigi di pojok kanan bawah video dan memilih opsi kualitas yang lebih rendah. Misalnya, jika kecepatan internet kita sekitar 2 mbps, maka kita bisa memilih kualitas 360p atau 480p.

Selain itu, kita juga bisa memilih opsi “Auto” yang akan menyesuaikan kualitas video secara otomatis sesuai dengan kondisi jaringan kita. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir tentang buffering karena Youtube akan memilih kualitas terbaik yang tersedia untuk kita.

3. Cache Youtube

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi atau browser untuk mempercepat proses loading. Namun, terkadang cache juga bisa menyebabkan masalah saat menonton Youtube, seperti buffering, lemot, atau error. Hal ini karena cache bisa menjadi penuh atau rusak sehingga mengganggu kinerja aplikasi atau browser.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menghapus cache Youtube secara berkala. Caranya adalah dengan membuka pengaturan aplikasi atau browser dan mencari opsi untuk menghapus cache. Tujuannya adalah agar history pencarian dan history video yang telah ditonton dapat terhapus sehingga membuat Youtube bekerja lebih cepat.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan aplikasi pembersih cache seperti CCleaner atau Clean Master untuk membersihkan cache secara otomatis dan efisien. Dengan begitu, kita tidak perlu repot-repot menghapus cache secara manual setiap kali ingin menonton Youtube.

4. Versi Aplikasi atau Browser

Versi aplikasi atau browser yang kita gunakan untuk menonton Youtube juga bisa mempengaruhi buffering. Jika versi aplikasi atau browser kita sudah lama atau tidak kompatibel dengan sistem operasi atau perangkat kita, maka bisa saja terjadi masalah saat memutar video, seperti buffering, error, atau crash.

Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memperbarui versi aplikasi atau browser kita secara rutin. Caranya adalah dengan membuka Google Play Store atau App Store untuk aplikasi Youtube dan mengklik opsi “Update” jika tersedia. Untuk browser, kita bisa membuka menu pengaturan dan mencari opsi “About” atau “Help” untuk mengecek versi dan update yang tersedia.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan versi aplikasi atau browser yang lebih ringan dan cepat untuk menonton Youtube. Misalnya, kita bisa menggunakan Youtube Go untuk Android yang dirancang khusus untuk koneksi internet yang lambat dan kuota yang terbatas. Atau kita bisa menggunakan browser seperti Opera Mini atau UC Browser yang memiliki fitur kompresi data dan blokir iklan.

5. Router

Router adalah perangkat yang menghubungkan perangkat kita dengan jaringan internet. Jika router mengalami masalah, seperti panas berlebih, sinyal lemah, atau gangguan frekuensi, maka bisa menyebabkan koneksi internet kita menjadi lambat atau tidak stabil. Hal ini tentu saja akan berdampak pada buffering Youtube.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba beberapa hal berikut:

  • Restart router. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi buffering dan yang paling sering saya lakukan. Biasanya saya lakukan 1 kali dalam 2 hari atau bisa juga 3 kali seminggu untuk menjaga kinerja router tetap optimal. Caranya adalah dengan mematikan router selama beberapa detik dan kemudian menyalakannya kembali.
  • Pindahkan router. Jika router terletak di tempat yang tertutup, jauh dari perangkat kita, atau dekat dengan sumber gangguan seperti microwave atau telepon nirkabel, maka sinyal wifi bisa menjadi lemah atau terganggu. Oleh karena itu, kita perlu memindahkan router ke tempat yang lebih terbuka, dekat dengan perangkat kita, dan jauh dari sumber gangguan.
  • Ganti saluran wifi. Jika banyak orang di sekitar kita menggunakan wifi dengan saluran yang sama, maka bisa terjadi interferensi yang membuat koneksi internet kita menjadi lambat. Untuk menghindari hal ini, kita bisa mengganti saluran wifi kita ke saluran yang lebih sepi dan kurang digunakan oleh orang lain. Caranya adalah dengan membuka pengaturan router dan mencari opsi “Channel” atau “Frequency”.

6. Perangkat

Perangkat yang kita gunakan untuk menonton Youtube juga bisa mempengaruhi buffering. Jika perangkat kita sudah tua atau memiliki spesifikasi rendah, maka bisa saja terjadi masalah saat memutar video, seperti buffering, lemot, atau hang. Hal ini karena perangkat kita tidak mampu memproses data video dengan cepat dan efisien.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba beberapa hal berikut:

  • Bersihkan memori. Memori adalah tempat penyimpanan data sementara yang digunakan oleh aplikasi atau browser saat berjalan. Jika memori penuh atau terlalu banyak aplikasi atau tab yang berjalan di latar belakang, maka perangkat kita akan menjadi lemot dan sulit untuk memutar video Youtube. Oleh karena itu, kita perlu membersihkan memori secara berkala dengan cara menutup aplikasi atau tab yang tidak digunakan.
  • Hapus file sampah. File sampah adalah file yang tidak berguna atau tidak terpakai lagi oleh sistem operasi atau aplikasi. File sampah bisa menumpuk di penyimpanan internal perangkat kita dan membuatnya penuh atau lambat. Oleh karena itu, kita perlu menghapus file sampah secara berkala dengan cara menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner atau Clean Master.
  • Ganti baterai. Baterai adalah sumber daya yang digunakan oleh perangkat kita untuk beroperasi. Jika baterai kita sudah lemah atau rusak, maka bisa menyebabkan perangkat kita menjadi lemot atau mati saat menonton Youtube. Oleh karena itu, kita perlu mengganti baterai kita dengan yang baru atau yang masih bagus.

7. VPN

VPN adalah layanan yang memungkinkan kita untuk mengakses internet secara anonim dan aman. Dengan VPN, kita bisa mengubah lokasi IP kita dan mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah atau provider internet. Namun, terkadang VPN juga bisa menyebabkan buffering di Youtube, terutama jika VPN yang kita gunakan lambat atau tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba beberapa hal berikut:

  • Matikan VPN. Jika kita tidak membutuhkan VPN untuk menonton Youtube, maka kita bisa mematikan VPN sementara saat menonton video. Caranya adalah dengan membuka aplikasi VPN dan mengklik opsi “Disconnect” atau “Stop”. Dengan begitu, koneksi internet kita akan kembali normal dan buffering bisa berkurang.
  • Ganti server VPN. Jika kita membutuhkan VPN untuk menonton Youtube, maka kita bisa mencoba mengganti server VPN yang lebih cepat dan stabil. Caranya adalah dengan membuka aplikasi VPN dan mencari opsi “Server” atau “Location”. Kemudian, kita bisa memilih server yang berlokasi dekat dengan kita atau yang memiliki kecepatan tinggi.
  • Ganti VPN. Jika VPN yang kita gunakan tidak memuaskan atau sering bermasalah, maka kita bisa mencoba mengganti VPN dengan yang lain. Ada banyak pilihan VPN gratis maupun berbayar yang bisa kita gunakan untuk menonton Youtube, seperti ExpressVPN, NordVPN, TunnelBear, Hotspot Shield, dll.

8. Youtube Premium

Youtube Premium adalah layanan berlangganan yang menawarkan beberapa fitur tambahan untuk pengguna Youtube, seperti bebas iklan, akses ke Youtube Music dan Youtube Originals, serta fitur download video untuk ditonton secara offline. Dengan Youtube Premium, kita bisa menikmati video Youtube tanpa gangguan iklan yang bisa menyebabkan buffering.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba berlangganan Youtube Premium dengan cara membuka aplikasi Youtube dan mengklik opsi “Get YouTube Premium” di bagian atas layar. Kemudian, kita bisa memilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kita. Harga langganan Youtube Premium bervariasi tergantung pada negara dan mata uang.

Selain itu, kita juga bisa mencoba gratis trial Youtube Premium selama 1 bulan jika belum pernah berlangganan sebelumnya. Caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas dan memilih opsi “Try it free”. Dengan begitu, kita bisa mengetahui apakah Youtube Premium cocok untuk kita atau tidak.

Kesimpulan

Buffering Youtube adalah masalah yang sering dialami oleh banyak pengguna saat menonton video. Buffering bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kecepatan internet, kualitas video, cache Youtube, versi aplikasi atau browser, router, perangkat, VPN, atau iklan.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba beberapa cara di atas sesuai dengan penyebab buffering yang dialami. Dengan begitu, kita bisa menonton video Youtube dengan lancar dan nyaman tanpa harus terganggu oleh buffering.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran tentang cara mengatasi buffering Youtube, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Saya akan mencoba menjawab sebisa saya.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman Anda yang mungkin juga mengalami masalah buffering Youtube. Semoga masalah buffering Anda segera teratasi dan Anda bisa menonton video Youtube dengan puas.

Sekian dari saya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment