Apakah file yang dihapus di Google Drive bisa dikembalikan?

Apakah file yang dihapus di Google Drive bisa dikembalikan? – Google Drive adalah layanan penyimpanan awan yang memungkinkan Anda menyimpan file online dan mengaksesnya dari mana saja menggunakan perangkat yang terhubung ke internet.

Google Drive juga memiliki fitur sinkronisasi yang memastikan file Anda selalu up to date di semua perangkat Anda. Namun, apa yang terjadi jika Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di Google Drive? Apakah Anda bisa mengembalikannya?

Jawabannya adalah tergantung. Ada beberapa faktor yang menentukan apakah file yang dihapus di Google Drive bisa dikembalikan atau tidak, seperti:

  • Waktu penghapusan: Google Drive memiliki tempat sampah yang menyimpan file yang dihapus selama 30 hari sejak tanggal penghapusan. Jika Anda menghapus file dari tempat sampah atau jika tempat sampah penuh, file tersebut akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengembalikan file yang dihapus, Anda harus segera melakukannya sebelum batas waktu 30 hari berakhir.
  • Jenis file: Beberapa jenis file, seperti dokumen, spreadsheet, presentasi, formulir, dan gambar, dibuat menggunakan aplikasi Google seperti Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan Google Forms. File-file ini disebut sebagai file asli Google Drive dan memiliki ukuran yang sangat kecil. File-file ini tidak akan memenuhi tempat sampah Anda dan akan tetap ada di sana bahkan setelah 30 hari. Namun, jika Anda menghapus file asli Google Drive dari tempat sampah, Anda tidak bisa mengembalikannya lagi.
  • Cara penghapusan: Ada beberapa cara untuk menghapus file di Google Drive, seperti menggunakan aplikasi web, aplikasi seluler, atau aplikasi desktop. Cara penghapusan ini dapat mempengaruhi kemungkinan Anda untuk mengembalikan file yang dihapus. Misalnya, jika Anda menghapus file menggunakan aplikasi web atau seluler, file tersebut akan dipindahkan ke tempat sampah dan masih bisa dikembalikan selama belum melewati batas waktu 30 hari atau dihapus dari tempat sampah. Namun, jika Anda menghapus file menggunakan aplikasi desktop, file tersebut akan dihapus secara permanen dari komputer Anda dan tidak akan masuk ke tempat sampah Google Drive. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat menghapus file menggunakan aplikasi desktop.

Apakah file yang dihapus di Google Drive bisa dikembalikan? ini jawabannya!

Jika Anda yakin bahwa file yang Anda hapus masih ada di tempat sampah Google Drive dan belum melewati batas waktu 30 hari, berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikannya:

  • Buka situs web Google Drive (https://drive.google.com) dan masuk dengan akun Google Anda.
  • Di sebelah kiri layar, klik Tempat Sampah.
  • Cari file yang ingin Anda kembalikan dan klik kanan pada file tersebut.
  • Pilih Pulihkan dari menu yang muncul.
  • File tersebut akan dipindahkan kembali ke lokasi asalnya di Google Drive.

Jika Anda tidak menemukan file yang ingin Anda kembalikan di tempat sampah atau jika file tersebut sudah dihapus secara permanen dari tempat sampah, ada beberapa cara lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file tersebut, seperti:

  • Menghubungi pemilik atau kolaborator file: Jika file yang Anda hapus adalah file bersama yang dimiliki atau diedit oleh orang lain, Anda dapat menghubungi pemilik atau kolaborator file tersebut dan meminta mereka untuk mengirimkan salinan file tersebut kepada Anda atau menambahkan Anda kembali sebagai kolaborator.
  • Menggunakan versi sebelumnya: Jika file yang Anda hapus adalah file asli Google Drive, Anda dapat mencoba untuk mengakses versi sebelumnya dari file tersebut. Versi sebelumnya adalah rekaman perubahan yang dibuat pada file tersebut setiap kali disimpan.

Untuk melihat versi sebelumnya dari file asli Google Drive, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka situs web Google Drive (https://drive.google.com) dan masuk dengan akun Google Anda. Cari file asli Google Drive yang ingin Anda lihat versi sebelumnya dan klik kanan pada file tersebut.
  • Pilih Lihat detail dari menu yang muncul.
  • Di panel kanan layar, klik Versi sebelumnya.
  • Anda akan melihat daftar versi sebelumnya dari file tersebut dengan tanggal dan waktu perubahan. Anda dapat mengklik pada versi yang ingin Anda lihat dan membandingkannya dengan versi saat ini. Anda juga dapat mengembalikan file ke versi sebelumnya dengan mengklik Pulihkan versi ini.
  • Menggunakan alat pemulihan data: Jika file yang Anda hapus adalah file non-asli Google Drive, seperti file PDF, video, audio, atau file lain yang diunggah ke Google Drive, Anda dapat mencoba untuk menggunakan alat pemulihan data untuk memindai dan mengembalikan file yang dihapus dari komputer atau perangkat seluler Anda. Alat pemulihan data adalah perangkat lunak khusus yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang, rusak, atau terformat dari berbagai media penyimpanan.

Beberapa contoh alat pemulihan data yang populer adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, Stellar Data Recovery, dan Disk Drill. Namun, Anda harus ingat bahwa menggunakan alat pemulihan data tidak menjamin bahwa Anda akan dapat mengembalikan file yang dihapus.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemulihan data, seperti kondisi media penyimpanan, ukuran file, jenis file, dan frekuensi penggunaan media penyimpanan. Oleh karena itu, Anda harus selalu membuat cadangan file penting Anda secara teratur untuk mencegah kehilangan data.

Penutup

Demikianlah artikel tentang apakah file yang dihapus di Google Drive bisa dikembalikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi masalah kehilangan file di Google Drive.

Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment